Menghapus File/Folder dengan LockHunter dan Unlocker


Sering kita jumpai ada file/folder yang susah sekali di hapus, copy, rename atau ketika ingin dipindah. Hal itu biasanya terjadi karena file/folder di kunci (lock) oleh aplikasi lain, sehingga operasi-operasi tersebut tidak bisa dijalankan. Misalnya virus, malware dan lainnya. Jika mengalami masalah tersebut, kita bisa menggunakan Software gratis Unlocker dan juga LockHunter.

UnLocker
Untuk Unlocker, mungkin sebagian sudah mengetahuinya, mengingat software ini cukup populer, dan pernah saya bahas sebelumnya salah satu manfaat Unlocker. Dengan program gratis yang hanya berukuran sekitar 256 KB ini, kita membuka file yang terkunci, dan operasi hapus (delete), rename, copy atau move biasanya bisa kita lakukan. Untuk download unlocker bisa download disini.

LockHunter
Fungsi utama LockHunter ini adalah melihat aplikasi apa yang sedang mengunci sebuah file/folder. Ketika sudah ditemukan, maka kita bisa memilih operasi antara menghapus atau melepas kunci tersebut (Unlock), yang selanjutnya bisa di copy, rename, pindah dan lainnya. Disini ada beberapa fungsi dari lock hunter. Antara lain:

Menampilkan proses yang sedang mengunci file/folder
Fitur Unlock, delete, copy, rename file yang di kunci
Mematikan (kill) proses penguncian file
Menghilangkan fitur penguncian dari hard disk.
Integrasi dengan menu di explorer
FIle yang dihapus masuk ke Recycle Bin, sehingga masih bisa di restore jika salah menghapus.
Mendukung Windows 32bit dan 64bit.
LockHunter berukuran sekitar 1.2 MB dan dapat berjalan di Windows 2000, XP, 2003 Vista  dan W7 (ketika artikel ini ditulis, program ini masih versi beta). Untuk aplikasi softwarenya bisa didownload di bawah ini.

Download LockHunter Versi 32 Bit 
Version: 1.0 beta 3; Size: 1.2 MB; OS: Windows 2000\XP\2003\Vista\W7 32 bit
Download LockHunterVersi 64 Bit
Version: 1.0 beta 3; Size: 1.2 MB; OS: Windows XP\Vista\W7 64 bit

0 comments:

Posting Komentar