Jika Merk Motherboard Tidak Diketahui

 

Entah karena suatu kerusakan, suatu saat komputer memerlukan instal ulang system operasi. Dalam proses instal ulang tersebut, tentunya driver motherboard sangatlah di perlukan untuk menjadikan system operasi dapat bekerja secara optimal. Bahkan jika driver motherboard tidak di install, akan membuat beberapa jenis software maupun hardware tidak dapat digunakan. Tapi bagaimana jika anda tidak mengetahui merk motherboard yang anda gunakan?

image

Ada beberapa cara untuk mengetahui produsen dari Motherboard yang anda gunakan,beberapa diantaranya adalah:

  • Buka cassing dan chek perangkat didalamnya. Biasanya pada Motherboard terdapat sebuah label produsen yang sekaligus berisi spesifikasi tipe Motherboard tersebut. Letak dari label tersebut tidak tentu, bahkan sering kali label tersebut terletak ditempat yang tersembunyi.
  • Cara selanjutnya adalah dengan melihat pada buku pegangan manual yang telah di ikut sertakan saat membeli Motherboard. Disana anda dapat melihat dengan jelas merk dari Motherboard yang anda gunakan.Yang jadi masalah,apakah anda masih menyimpan buku manual tersebut?
  • Jika anda sudah kehilangan jejak dari buku tersebut,coba lakukan pencarian lewat internet.Beberpa Motherboard memang tidak menyertakan label produsen pada boardnya. Hal itu seperti yang dijumpai pada Motherboard OEM. Tetapi anda dapat melacak produsen Motherboard tersebut dengan mencocokan nomer ID yang tercetak pada stiker board dengan daftar yang terdapat pada situs www.fcc.gov/oef/fccid Coba anda kunjungi situs tersebut dan cari daftar namor ID yang dikeluarkan oleh lembaga perijinan untuk perangkat elektronik di Amerika
  • Langkah berikutnya,atau langkah terakhir yang dapat saya informasikan adalah dengan menggunakan software analisa system. Salah satu contoh software analisa system adalah CPU ID atau CPU Z,yang cara penggunaanya sangatlah mudah. Jalan kan program CPU Z,dan anda dapat melihat spesifikasi dari komputer anda.Mulai dari Motherboar, memory,cache dan processor. Memang sih ada beberapa merk dari hardware tertentu yang tidak dapat terdeteksi oleh CPU Z.Tapi gak ada salahnya mencoba untuk menggunakan program tersebut. Software CPU ID dapat anda unduh di sini.Jika tidak bisa,silahkan mengunjungi halaman Free Software pada blog ini.

Semoga informasi tersebut dapat membantu anda dalam mengetahui merk dari Motherboard yang anda gunakan.Terimakasih kunjunganya……….

Sumber : kompikita.web.id

0 comments:

Posting Komentar

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.