Tips Agar Casing Tidak Mengalirkan Listrik Saat Disentuh

Casing merupakan tempat untuk menyimpan berbagai hardware komputer, seperti motherboard, prosesor, hardisk, power supply dan sebagainya. Mungkin banyak diantara kita yang sering mengalami kejadian dimana saat kita menyentuh casing maka badan kita serasa dialiri listrik (kesetrum). Artikel kali ini akan menjelaskan tentang tips agar casing tidak mengalirkan listrik saat disentuh.

Aliran listrik dari casing ini berbeda-beda, ada yang kecil namun ada juga yang besar tergantung dari bahan casing itu sendiri. Cara kerja tips berikut ini cukup sederhana yakni kita memindahkan aliran listrik dari casing ke benda konduktor (benda yang tidak dapat menghantarkan listrik, seperti dinding, kayu, lantai dan sebagainya).

Pertama-tama kita butuh kabel dengan panjang +/- 1 meter. Salah satu ujung kabel dililitkan ke baut penutup casing (terletak dibelakang casing), sedangkan ujung kabel lainnya dililitkan dengan paku yang diletakkan di dinding, meja, atau lantai. Dengan demikian jika kita menyentuh casing maka aliran listriknya tidak akan mengalir ke badan kita karena sudah dialirkan ke benda konduktor tadi. Cara ini cukup berguna terutama bagi anda yang memiliki anak kecil yang sering bermain-main dengan komputer.
Semoga bermanfa'at

0 comments:

Posting Komentar

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.